Senin, 26 November 2012

0 Sudut-sudut Kota Arga Makmur


Kota Arga Makmur tidak hanya memiliki pemandangan yang menarik bagi pendatang tetapi juga memiliki berbagai sudut kota yang lumayan menarik. Arga Makmur kebanyakan di huni oleh orang eks-transmigran dari Pulau Jawa , kemudian asli penduduk setempat, dan juga ada dari pendatang lainnya di sekitar provinsi tetangga.  Berikut ini beberapa sudut kota Arga Makmur :

1. Masjid Agung




Masjid Agung ini merupakan salah satu masjid terbesar di Arga Makmur khususnya maupun di Kabupaten Bengkulu Utara umumnya. Masjid ini sering digunakan oleh masyarakat dari berbagai kalangan untuk beribadah. Hal yang cukup unik biasanya ketika perayaan Hari raya Idul Fitri maupun Idul adha sering dilakukan sholat berjamaah bersama di sini yang di pelopori oleh Pemda setempat.   


2. Warung Bakso



Salah satu tempat kuliner yang lumayan enak di Kota Arga Makmur ini adalah Bakso Arema. Salah satunya bernama Bakso Arema Cak Brewok. Arti Cak dalam bahasa jawa timuran adalah panggilan buat laki-laki, kalau di Kota Mojokerto biasanya di panggil arek-arek. Lokasi bakso ini terletak di Jalan Sutan Syahrir. Simpang Empat Dwiguna. Bakso Arema Cak Brewok ini berasal dari Kabupaten Malang. Jawa Timur. Indonesia.  Keunggulan dari bakso Cak Brewok ini adalah rasanya yang sangat nikmat dan sedap. Mengapa nikmat ? karena ditaburi bumbu-bumbu khas bakso arema ini yang sangat maknyoss. Kita semua tahu bahwa bakso dari Arema sudah melalang buana di Nusantara.  


3. Simpang Empat Dwi Guna



 Simpang Empat Dwi Guna merupakan salah satu tempat yang cukup padat arus lalu lintas kendaraan bermotor. Lokasinya yang cukup strategis karena sebagai jalur penghubung ke Pasar Purwodadi yang merupakan salah satu pasar terbesar di Kota Arga Makmur. Keunggulannya adalah dimana lokasi strategis yang cukup baik untuk pengembangan bisnis dan roda perputaran uang di Kota Arga Makmur. Dimana di Lokasi ini sekarang sudah banyak dibangun Toko-toko dan Ruko yang menjual berbagai kebutuhan masyarakat sekitar. 

  
4. Tugu Arga Makmur


Tugu Arga Makmur melambangkan kebebasan dan kemenangan dari hasil sebuah perjuangan menjadi Kabupaten baru di Provinsi Bengkulu. Tugu ini juga sebagai sebuah wujud dedikasi yang tinggi dalam mencapai kemandirian dan kemajuan. Tugu ini sering digunakan oleh masyarakat sekitar Kota Arga Makmur sebagai tempat rekreasi, refreshing, dan cocok sebagai tempat olahraga meditasi. Seperti olahraga Pencak Silat dan Meditasi Pernafasan. Tempatnya yang cukup nyaman dan asri serta sunyi senyap menambah kemenarikan dari Tugu Arga Makmur ini.


5. Lapangan 45 Arga Makmur

 Lapangan 45 ini terletak di tengah-tengah kota tepatnya di jalan jalur dua Arga Makmur. Lapangan ini merupakan salah satu lapangan terbesar yang ada di Arga Makmur. Lapangan ini sering digunakan dalam pertandingan-pertandingan sepakbola baik turnamen antar klub sepakbola lokal maupun turnamen antar instansi -instansi pemerintah daerah di Kota Arga Makmur. Tidak hanya untuk tempat turnamen lapangan ini sering juga digunakan untuk acara-acara seremonial tahunan seperti HUT RI, HUT Arga Makmur, maupun hingga acara pekan olahraga antar pelajar daerah. 
Lapangan 45 ini terdiri dari permukaan rumput, tribun penonton berkapasitas sekitar 300-500 orang, tidak ada lampu penerangan, tidak ada Papan Skor digital, dan tidak ada Sentelban, serta dikelilingi oleh pagar tembok.


5. Rumah Adat Bengkulu Utara

 

Rumah adat Bengkulu Utara ini berjenis Rumah Panggung yang dinamakan Bubungan Lima. Bubungan Lima ini merupakan Rumah asli Suku Rejang.    

Cukup Sekian yang dapat saya jelaskan, semoga bermanfaat bagi kita semua....

0 komentar:

Posting Komentar

 

Arma Niaga Copyright © 2012- |- Template created by Armaniaga Store - |- Powered by Arma FC