Senin, 26 November 2012

0 Pasar Induk Purwodadi Arga Makmur




Pasar Purwodadi di Kota Arga Makmur adalah salah satu pasar induk yang ada di kota Arga Makmur. Pasar ini bersifat akhir pekan (hari pasaran 1 minggu sekali). Pasar ini menjadi tempat berbelanja baik bagi masyarakat kota Arga Makmur  dan sekitarnya sendiri maupun masyarakat yang ada di Kabupaten Lebong dalam memenuhi kebutuhannya. Pasar ini menjual berbagai kebutuhan pokok maupun sandang masyarakat. Sama seperti di Pasar induk di kabupaten lain, pasar ini juga tersedia los penjual ikan segar, daging segar, dan masih banyak lagi kebutuhan lainnya bagi masyarakat. 

Sama seperti pasar induk di kabupaten lain, tentunya pasar ini memiliki segudang permasalahan kompleks yang hingga sekarang cukup kewalahan bagi Pemda setempat dan masyarakat dalam mengatasinya. Permasalahan yang sering muncul adalah masih semerawutnya tata kelola parkir kendaraan bermotor, Becak motor (lebih dikenal ROBEMA), semerawutnya los-los penjual ikan dan daging segar serta penjual sayur-mayur yang masih terkesan amburadul dan kurang tertata dengan rapi dan indah. Kemudian masalah akses jalan  penghubung menuju los-los penjual dan toko-toko di pasar tersebut yang sering berdebu dan bila di musim hujan maka akan becek. Selanjutnya permasalahannya adalah masih seringnya harga-harga jual barang yang terkadang tidak sesuai dengan HET (Harga Eceran Tertinggi) dan masih seringnnya pasokan barang selalu dalam keadaan kosong atau tidak ada persediaan yang mencukupi. Masalah selanjutnya adalah masih sering terjadinya kegiatan Pungli (Pungutan Liar) yang hingga sekarang masih belum teratasi dengan baik.

Masalah selanjutnya adalah masalah pembagian los-los toko baru. Yang akhir-akhir ini ramai diperbincangkan oleh masyarakat baik penghuni toko lama maupun masyarakat lainnya. Seharusnya pembagian los-los toko itu lebih jelas dengan menggunakan sistem sewa dan berjangka beberapa waktu atau dengan menggunakan sistem lain yang lebih jelas dan efektif. Hal itu semua harus dijelaskan kepada penghuni toko lama maupun yang baru agar permasalahan tidak semakin membuntu. 
       
Semoga dengan berbagai permasalah kompleks diatas dapat kita pelajari dan perbaiki agar pasar Purwodadi menjadi pasar yang lebih nyaman, bersih, rapi, indah dan aman bagi pembeli, penjual dan bagi semua pengelola pasar. 


0 komentar:

Posting Komentar

 

Arma Niaga Copyright © 2012- |- Template created by Armaniaga Store - |- Powered by Arma FC