Rabu, 14 November 2012

2 Kota Arga Makmur ( City Of Arga Makmur )




Gambaran Umum

Kota Arga Makmur yang memiliki slogan TERPADU atau Tertib,Pantas,Aman,Damai, Utuh.Merupakan sebuah kecamatan dan sekaligus pusat pemerintahan,ekonomi dan bisnis, pendidikan di Kabupaten Bengkulu Utara. Bengkulu. Kota Arga Makmur sebagaian besar adalah daerah Eks Transmigrasi antara tahun 1965 sampai Tahun 1975 yang kini mengalami perkembangan cukup pesat. Kota Arga Makmur memiliki luas wilayah sekitar 48,5 Km yang terdiri atas 24 desa dan tiga kelurahan. Kondisi geografisnya sebagian besar adalah dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 540 dpl dan memiliki topografi berbukit-bukit, dengan suhu udara antara 24-28 derajat celcius.  

Mata Pencaharian Penduduk

Mata pencaharian penduduk di Kota Arga Makmur sebagaian besar adalah di sektor Pertanian dan Perkebunan yaitu sebagai Petani. Selain itu juga sebagai PNS, dan Pedagang. 

Pusat Bisnis dan Ekonomi


Di Kota Arga Makmur memiliki sebuah Pasar Tradisional terbesar yaitu bernama Pasar Purwodadi . Pasar ini buka seminggu 3 kali yaitu hari Rabu, Jum'at dan Minggu saja. Pasar ini selain menyediakan kebutuhan konsumsi bagi masyarakat Arga Makmur dan kecamatan sekitarnya juga menjadi tujuan masyarakat Kabupaten Lebong dalam menyediakan kebutuhannya.

Suku dan Etnis 

Sebagaian besar penduduk di Arga Makmur adalah  Suku Jawa 35%, Rejang 30%, Minang 15% dan sisanya Bali, Sunda, Pekal, Batak, Dayak dan lain-lain. Etnis bangsa yang mendiami di kota ini adalah Etnis Tionghoa.

Pendidikan 

Kota Arga Makmur merupakan wilayah yang sejuk udaranya, kondusif, aman dan tenang serta tingkat kejahatan yang rendah bila di bandingkan kota-kota di provinsi Bengkulu. Hal itu tentunya cukup ideal untuk dijadikan sebagai kota pendidikan. Di Arga Makmur terdapat Sekolah PAUD sebanyak 19, SD sebanyak 31, SMP, SMA, SMEA, SMK, dan Sekolah Model serta 2 Perguruan Tinggi. 
Perguruan tinggi yang terkenal adalah Universitas Ratu Samban (UNRAS) dan Universitas Hazairin (UNIHAZ).


Transportasi 

Jalan Raya

Arga Makmur dapat ditempuh melalui 3 jalur darat yaitu melalui Bengkulu-Kerkap-Lubuk Durian-Arga Makmur, Lewat jalur Tengah : Bengkulu - Kerkap- Tanjung Agung- Arga Makmur, dan lewat Jalur Lintas Barat Sumatera : Bengkulu-Lais-Arga Makmur. Untuk kualitas jalan sebagian besar cukup baik dan masih banyak terdapat titik-titik rawan longsor dan kerusakan jalan.

Angkutan Dalam Kota dan Luar Kota  

Angkutan Dalam Kota yang ada adalah Angdes (Angkutan Pedesaan) dan Becak Motor (Bemot) atau lebih dikenal ROBEMA. Untuk Angdes jurusan trayek nya adalah Arga Makmur- Lais dan Arga Makmur - Lubuk Durian dan sebaliknya. Untuk Ongkos bervariasi tergantung jarak tempuh biasanya sekitar 2000- 5000 sekali berangkat. 
Untuk Angkutan Umum Luar Kota adalah menggunakan kendaraan Minibus seperti Suzuki Futura Carry 1.5 dan sekelasnya. Kemudian kini sudah banyak menjamur kendaraan angkutan travel yang lebih nyaman, full Ac, lebih efisien dan lebih cepat. 



Rencana Pembangunan dan Pengembangan Alun-Alun Kota



Kota Arga Makmur dalam beberapa tahun lagi akan segera memiliki alun-alun kota. Lokasinya masih tetap berada di Lapangan 45 Arga Makmur . Jadi Lap. 45 tersebut akan dipugar menjadi sebuah alun-alun kota. Tujuan pembangunan alun-alun tidak hanya sebagai mempercantik kota tetapi juga sarana hiburan bagi warga Arga Makmur dan sekitarnya juga bisa sebagai landmark khas kota Arga Makmur.


2 komentar:

  1. Kota Arma ini butuh sebuah komitmen dan ambisi dari para otoritas daerah agar dapat lebih maju dan dapat mengejar ketertinggalan dari kota-kota lain ..

    BalasHapus
  2. masyarakat harus bersatu untuk memajukan kota argamakmur,, jangan hanya mementingkan diri sendiri make to argamakmur be mask coat yang benar2 mempunyai satu pround. Yg tidak dimiliki di tempat lain

    BalasHapus

 

Arma Niaga Copyright © 2012- |- Template created by Armaniaga Store - |- Powered by Arma FC